Jangan Gunakan Jaringan 5G Terlebih Dahulu


AdinID.net – Kita di zaman yang serba membutuhkan koneksi intrernet. Kalian pasti tidak asing lagi dengan koneksi internet, dan yang pasti banyak dari kalian yang menggunakan koneksi internet setiap harinya.

Koneksi internet saat ini sangat-sangat penting , bahkan seperti salah satu hal yang wajib kita miliki di zaman modern ini. Banyak hal yang membuat kita wajib memiliki koneksi internet untuk smartphone android kita, seperti untuk berkomunikasi ataupun untuk bermain game online.

Untuk koneksi internet saat ini sudah memasuki generasi ke 5, atau biasa kita sebut dengan jaringan 5G. Perbedaan jaringan 5G dengan jaringan koneksi sebelumnya sudah pasti di kecepatan internet di dalamnya yang memudahkan kita melakukan sesuatu di internet dengan cepat tentunya.

Namun, menurut saya pribadi untuk saat ini koneksi 5G tidak terlalu perlu kita gunakan. Kenapa? Simak artikel berikut ini!

Jangan Gunakan Jaringan 5G Terlebih Dahulu

Jaringan 5G sudah keluar sekitar akhir 2018 di Amerika Serikat, dan pada awal 2019 ini sudah ada peluncuran smartphone yang sudah bisa menggunakan jaringan 5G untuk koneksi jaringan internet mereka, sebagai contoh Samsung S10 yang rumornya akan segera di rilis di dalam waktu dekat.

Untuk di Asia ada beberapa negara yang sudah mencoba menerapkan jaringan 5G di negara mereka seperti Cina, Jepang, Korea Selatan dan masih ada beberapa lagi. Namun di indonesia untuk jaringan 5G sendiri belum di coba karena beberapa hal dan karena itu pula indonesia masih menggunakan jaringan internet 4G LTE.
Ada beberapa alasan karena indonesia masih menggunakan 4G LTE bukan menggunakan 5G seperti negara di Asia yang sudah menggunakannya terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut

1. Biaya Internet Dan Device 5G Mahal
Karena kecepatan internet bertambah, maka tidak heran jika biaya untuk internet 5G juga ikut memakan biaya yang mahal untuk para konsumen. Dikutip dari Eji Insight, paket internet 5G yang ada di finlandia untuk 1 bulan memakan biaya sekitar Rp.800 ribuan.
Selain biaya internet yang mahal, device yang di gunakan juga terbilang mahal untuk device yang sudah support 5G. Device tersebut berkisar Rp.17 jutaan agar bisa menikmati jaringan 5G.

2. Belum Ada Dukungan Dari Pihak Pemerintah
Sampai saat ini pemerintah Indonesia belum melaukan riset ataupun uji coba secara resmi untuk penerapan jaringan 5G. Senior marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, menyebutkan secara teknis 5G siap beroprasi di Indonesia. Namun, tanpa ada dukungan pemerintah jaringan 5G belum dapat di terapkan.

3. Infrastuktur Jaringan 5G Belum Mendukung
Karena belum ada dukungan dari pemerintah, infrastuktur untuk jaringan 5G juga belum ada. Sedangkan operator telekomunikasi di Indonesia sudah bersipa menerapkan jaringan 5G. Seperti contohnya Telkomsel yang sudah mempersiapkan jarinagn 5G di provider tersebut.

4. Pemerataan Jaringan Yang Belum Merata
Seperti kita ketahui Indonesia adalah negara besar, untuk pemerataan jaringan 4G saja belum menyeluruh di semua daerah di Indonesia. Jika di paksakan untuk memasukan jaringan 5G di Indonesia, akan hanya beberapa daerah saja yang menikmati dan sebagian daerah lainnya belum dapat menggunakan 5G.

5. Penggunaan Internet Produktif Minim
Penggunaan internet untuk hal produktif seperti dalam penggunaan bisnis, edukasi, ekonomi dan lain hal sebagainya yang memiliki nilai positif yang lebih besar masih sedikit di gunakan di Indonesia. Kebanyakan penguna internetnya masi konsumtif yang artinya penggunaan internet hanya di gunakan seperti mencari surfing di internet, streaming, dan bermain game online.

Itulah alasan kenapa Jangan Gunakan Jaringan 5G Terlebih Dahulu , bagaimana menurut kalian dengan beberapa alasan di atas? Berikan komentar kalian di bawah!

Load comments

0 Response to "Jangan Gunakan Jaringan 5G Terlebih Dahulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel